Minggu, 18 Juli 2010

Belajar Bahasa sunda

Assalaamualaikum salam sejahtera, mudah-mudahan Allah senantiasa melindungi kita, kali ini kita akan belajar bahasa Sunda dikarenakan saya orang sunda, ada ilmu ngapain disimpen sendiri mudah-mudahan ada manfaatnya, oke daripada berpanjang lebar kita langsung saja.

Bahasa Sunda terbagi pada tiga bagian yang pertama bahasa untuk yang lebih muda, yang kedua bahasa untuk diri sendiri dan yang ketiga bahasa Sunda untuk yang lebih tua, tiap-tiap bagian mempunyai aturan, sebagai contoh misalnya makan yang dalam bahasa Sundanya adalah "Dahar" sebenarnya dahar kata yang kasar jika ditujukan untuk yang lebih tua, kata itu lebih tepat jika digunakan untuk diri sendiri.

Mungkin akan lebih mudah jika kita belajar menggunakan sebuah cerita menggunakan bahasa sunda begini ceritanya :

Dina hiji poe ibu Cucu guru kelas lima SD Cikoneng ngajar dikelasna, nerangkeun pentingna kawajiban nungtut elmu tuluy ibu Cucu teh nanya ka murid-muridna
Ibu Cucu : Barudaaaakkkk nungutut elmu teh hiji kawajiban, kawajiban saha Ibu atawa maraneeehhh....?

Barudak : Maneehhh....!!!

Ibu Cucu :@#$%@^@&#%$%#....!!!

Cerita di atas cuma sekedar banyolan maklum lah orang sunda emang suka becanda, sebenarnya untuk belajar bahasa sunda memang terbilang gampang-gampang susah, untuk orang sunda sendiri menggunakan bahasa sunda yang sesuai kaidah sudah jarang digunakan apalagi bagi pemula.

Namun seiring majunya dunia teknologi kini belajar bahasa sunda bisa melalui internet, mungkin ini salah satu referensi yang lumayan bagus, jika google sudah tersedia dalam bahasa jawa kini wordpress (layanan blog gratis) sudah tersedia dalam bahsa sunda ini linknya http://su.wordpress.org/. disana sobat bisa belajar bahasa sunda sambil ngeblog.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar: on "Belajar Bahasa sunda"

Centralartikel.com mengatakan...

welehhh, gak bisa sama sekali aq, hhehehee

Sir_Remo_Jr mengatakan...

Baru sempat mampir nih!Liat-liat dulu....Situsnya bagus nih!apalagi artikelnya, menarik banget!

Yopi Bukhori mengatakan...

silahkan di baca artikelnya semoga bermanfaat...

Posting Komentar